Libur telah Usai, Antusiasme Belajar Dimulai

Libur sekolah telah usai, namun antusiasme siswa SD Aisyiyah Slawi untuk memulai kegiatan pembelajaran mulai terlihat. Kamis, 2 Januari 2020 tepatnya, hari pertama masuk sekolah. Kegiatan di hari pertama masuk sekolah, dimulai dengan kegiatan sholat Dhuha berjamaah kelas 1-4. Sholat Dhuha dilaksanakan di masjid Ghusun, yang diimami ustadz M. Wahyudi, S.Pd.I. selaku kepala sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan tausyiah singkat.

    Program awal masuk tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelum-sebelumnya. Program yang dimaksud adalah setoran hafalan surat-surat tertentu dalam juz 30. Selama liburan, siswa kelas 1-4 SD Aisyiyah diberi tugas untuk menghafal surat yang berbeda-beda untuk tiap kelas. Siswa diberi lembar laporan yang berisi kegiatan ibadah wajib dan sunnah di rumah selama liburan. Lembar laporan juga berisi tugas menghafal surat dalam juz 30.

   Pada hari awal masuk itulah, siswa menyetor tugas hafalan yang sudah ditentukan, tepatnya setelah selesai tausyiah singkat. Siswa kelas 1 Abu Bakar menyetor hafalan surat Al Qori’ah dan surat At Takatsur kepada ustadz Ardi Yulianto. Siswa kelas 2 Al Batani menyetor surat Al Lail dan Asy Syams kepada ustadzah Yulianah. Siswa kelas 2 Umar bin Khattab setor hafalan surat yang sama kepada ustadz M. Wahyudi S.Pd.I. Siswa kelas 3 Utsman bin Affan setor hafalan surat Al Lail dan Al Ghosiyah kepada Ustad Nur Indra Wibowo. Sedangkan siswa kelas  3 Ibnu Sina menyetor surat Al ‘Ala dan Al Ghosiyyah kepada ustadzah Afiyatuz Z., S.Pd. Siswa kelas 4 Ali bin Abi Thalib menyetor hafalan surat Al Infithor dan Al Muthafifin kepada ustadzah Ismi Al-Maghfirah.     Meskipun beberapa siswa belum lancar menghafal, namun hal itu tidak mengurangi antusiasme siswa. Salah satu siswa, Bilal menyebutkan, “Saya senang Ust, hafalan seperti tadi. Seru dan menyenangkan.” Setor hafalan tersebut salah satu metode yang SD Aisyiyah gunakan untuk meluluskan siswa dengan target hafalan surat pada juz 30. Ke depannya, semoga acara-acara yang demikian lebih baik lagi untuk menunjang hafalan siswa.

SDA Slawi Is The Best – The Creative Of The Tahfidz School

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *